Pemadaman Kebakaran Gunung Lawu Terkendala Badai, Api Meluas

Pemadaman Kebakaran Gunung Lawu Terkendala Badai, Api Meluas

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 19:56 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Magetan - Kebakaran di hutan Gunung Lawu di Magetan, Jawa Timur, meluas. Kebakaran kyang semula di dua wilayah desa, kini menjadi tiga desa. Hal ini diterjang badai angin.

Hutan yang terbakar sebelumnya di petak 55 masuk Desa Sukowidi dan Bedagung, kini kebakaran meluas ke Desa Ngiliran.

"Untuk saat ini memang ada angin kencang atau badai di Gunung Lawu sehingga menjadi kendala dan makin meluas. Sekarang merambah ke satu desa lagi," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kabupaten Magetan Ferry Yoga Sahputra saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/11/2019).


Diakui Ferry, adanya badai angin membuat petugas mengalami kesulitan untuk melakukan pemadaman. Proses pemadaman juga terkendala medan yang terjal dan curam, dengan kemiringan 70 hingga 80 derajat sehingga dihentikan.

"Di samping kondisi angin badai juga karena medan yang miring 70 hingga 80 derajat menjadi kendala pemadaman. Jadi sore ini kita hentikan," ujarnya.

Ferry mengungkapkan, imbas dari badai angin, pemadaman kebakaran tersebut ditunda. Saat ini posisi kebakaraan pada ketinggian 1.300 mpdl.


Sementara Wakil Kepala ADM KPH Lawu, Mulato Joko Sindoro mengatakan, untuk luasan hutan yang terbakar saat ini diperkirakan lebih dari 5 hektar. Pemadaman dihentikan dan akan berlanjut Minggu (17/11/2019) pagi.

"Untuk lahan yang terbakar kemarin sekitar 2 hektar, hari ini perkiraan sekitar lima hektar. Untuk pemadaman kita lanjutkan besok pagi," papar Joko.


Simak juga video "Belasan Bangkai Gerbong Kereta di Stasiun Cikaum Subang Terbakar" :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)