Kebakaran Pasar Beras Diduga Dipicu Bakar Sampah

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 16:30 WIB
Kebakaran di Pasar Beras hanguskan 10 mobil dan belasan kios (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta - Kebakaran di Pasar Beras di Bendul Merisi, Surabaya, diduga dipicu bakar-bakar sampah. Saat itu seorang warga membakar sampah-sampah yang kebanyakan kabel dan selanjutnya diambil tembaganya.

Seorang warga Jalan Ubi, Wonokromo, bernama Sumarno (62) mengaku melihat seseorang membakar sampah di balik tembok pasar.

"Ada orang bakar-bakar sampah dekat tangga pasar, setelah itu menyambar tempat penitipan mobil sekaligus menjual kelapa," kata Sumarno kepada detikcom di lokasi, Sabtu (16/11/2019).


Akibat sambaran api, jelas dia, warga langsung memadamkan api. Namun api terlanjur menyambar lokasi tersebut dan menghanguskan 10 mobil. Selain itu kebakaran juga menghanguskan belasan kios di Pasar Beras tersebut.

Kepala Cabang Selatan PD Pasar Surya, Masrul membenarkan ada warga yang baka-bakar sampah sebelum peristiwa itu terjadi.

"Dari informasi yang kami himpun, ada saksi mata yang mengetahui pemulung bakar-bakar sampah. Pembakaran sampah itu dilakukan di sisi barat Pasar Beras," tambahnya.


Namun karena sampah yang dibakar itu mepet dengan tembok, jelas dia, apinya menyambar atap pasar dan secara cepat merambat. Petugas PMK pun menerjunkan 19 mobil PMK dibantu 1 bronto sky liftdan dua mobil tangi milik DKRTH serta 2 kendaraan walang kadung. (fat/fat)