Gunung Lawu Terbakar, Kobaran Api Lalap Hutan Pinus

Sugeng Harianto - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 16:42 WIB
Gunung Lawu yang mengepulkan asap/Foto: Sugeng Harianto
Gunung Lawu yang mengepulkan asap/Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Kebakaran hutan terjadi di Gunung Lawu, Magetan. Kobaran api diketahui sekitar pukul 11.00 WIB dan ratusan petugas gabungan langsung melakukan pemadaman bersama masyarakat.

"Jadi betul untuk kebakaran di lereng Gunung Lawu. Tadi diketahui sekitar pukul 11.00 WIB. Saat ini, lebih ada 100 orang baik dari TNI, Polri dan Perhutani juga masyarakat sudah dikerahkan untuk melakukan pemadaman," terang Asper Perhutani KPH Lawu Selatan, Marwoto saat dihubungi detikcom, Jumat (15/11/2019).

Kebakaran itu, kata Marwoto, berada di RPH Bedagung dan merupakan hutan produksi. Yakni jenis hutan pinus.


"Untuk kebakaran ini hutannya jenis hutan pinus yang merupakan hutan produksi," katanya.

Menurut Marwoto, luas lahan yang terbakar belum diketahui karena masih proses pemadaman. Pemadaman dilakukan secara manual dan membuat ilaran agar kebakaran tidak merambat.


Hutan yang terbakar jauh dari permukiman warga, berjarak sekitar 3 km dari Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan, Magetan.

"Untuk pemukiman warga aman karena kebakaran jauh jaraknya sekitar 3 km. Alhamdulillah ini tadi masyarakat juga langsung tanggap untuk membantu pemadaman saat diinformasikan melalui pengeras masjid desa," ungkapnya.

Pantauan detikcom hingga pukul 15.00 WIB, asap kebakaran tampak terlihat jelas dari kejauhan. Sejumlah warga mengabadikan Gunung Lawu yang terbakar dengan kamera ponsel.


Simak juga video "Kebakaran Padam Namun Wisata Kawah Ijen Belum Dibuka" :

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)