11.021 Bandeng Presto di Surabaya Pecahkan Rekor MURI

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 13:33 WIB
Rekor MURI untuk penyajian bandeng presto terbanyak (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Dinas Perikanan Jatim memecahkan rekor MURI. Kali ini rekor yang terpecahkan adalah penyajian 11.021 bandeng presto yang digelar dalam acara Jatim Fish and Marine Exhibition 2019 yang dihadiri langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mempromosikan produk UKM maupun industri kelautan dan perikanan. Selain itu juga dalam acara itu diharapkan mampu meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

Senior Manager MURI Ariani Siregar mengatakan, Jatim selama di bawah kepemimpinan Khofifah telah banyak mencatatkan berbagai rekor. Dan kali ini adalah penyajian bendeng presto terbanyak.

"Di bawah kepemimpinan Bu Khofifah, Jatim telah beberapa kali mencatatkan rekor. Mulai penyajian lele terbanyak, apel terbanyak, mudik terbanyak dan ini penyajian bandeng presto terbanyak," kata Ariani dalam sambutannya di Parkir Timur Surabaya Plaza Hotel Surabaya, Jumat (15/11/2019).


"Dan kami mengesahkan prestasi yang telah kami verifikasi sajian bandeng terbanyak ini," tambah Ariani.

Menurut Ariani, rekor penyajian bandeng presto pernah dicatatkan di daerah Pemalang dengan 990.036 ekor. Namun kali ini teropecah di Surabaya dengan 11.021 ekor sajian.

"Rekor terbaru ini berhasil menumbangakan Pemalang sebanyak 990.036 ekor bandeng presto dan tercatat sebagai rekor ke 2921 di MURI," tutur Ariani.

Sementara itu Khofifah dalam sambutannya mengatakan dengan mengonsumsi ikan juga akan mengurangi risiko stunting. Bahkan ia menyebut sektor perikanan dan kelautan telah menyumbang sekitar 9,3 persen.

Foto: Amir Baihaqi


"Kita mengumpulkan dari Gresik dan Sidoarjo. Banyak konsumsi ikan juga untuk mengurangi stunting. Teknologi dan jejaring untuk meningkatkan sektor perikanan juga telah kita siapkan," terang mantan menteri sosial itu.

"Tahun 2018 kontribusi perikanan dan kelautan 50,90 atau setara 9.3 persen," tambah gubernur perempuan pertama Jatim itu.

"Mudah-mudahan transaksi yang bisa dicapai bisa memberi nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat Jatim," tandasnya.




Tonton juga video Gyotaku, Seni Lukis Jepang Kuno Memakai Ikan Segar:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)