Pemprov Jatim Siap 100 Persen Dukung GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021

Pemprov Jatim Siap 100 Persen Dukung GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 21:11 WIB
Foto: Deny Prastyo Utomo
Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Stadion Gelora Bung Tomo diajukan oleh PSSI Jatim menjadi venue Piala Dunia U-20 pada 2021. Pemprov Jatim siap mendukung penuh Pemkot Surabaya dalam memenuhi standar FIFA untuk stadion GBT.

"Kami semuanya selaku masyarakat Jawa Timur ingin memperjuangkan, agar Jawa Timur khususnya Surabaya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim Supratomo kepada wartawan di KONI Jatim, Kamis (14/11/2019).

Supratomo mengatakan pihaknya bersama Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah bertemu dengan Erick Tohir. Saat itu disampaikan jika Erick Tohir juga memperjuangkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia dan Jawa Timur akan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20.

"Jadi sejak awal ibu gubernur mendukung Jawa Timur khususnya Surabaya bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ini kesempatan yang langka dan harus dimanfaatkan betul. Saya juga melihat kapasitasnya besar ya di Stadion GBT," ujar Supratomo.


Terkait kekurangan di Stadion GBT, pihaknya menegaskan jika Pemprov Jatim siap mendukung Pemkot Surabaya dalam perbaikan Stadion GBT dalam menenuhi standar FIFA.

"Soal kekurangan-kekurangannya (Stadion GBT) nanti pemerintah provinsi akan mendukung. Pak Menpora juga akan mendukung itu. Karena dampaknya sangat besar ke depan. Bagi pembinaan sepak bola dan ekonominya," lanjut Supratomo.

Supratomo kembali menegaskan jika Gubernur Khofifah berkomitmen sejak awal untuk mendukung stadion GBT menjadi venue Piala Dunia U- 20. Menurut Supratomo, Gubernur Khofifah ialah pecinta sepak bola dan juga pendukung Niac Mitra pada masa remaja dulu.


"Pemprov komitmen sejak awal. Gubernur komitmen sejak awal, apalagi ibu Gubernur orang yang sangat suka sepak bola. Jadi sejak remaja beliau suka di Niac Mitra, beliau orang surabaya yang suka sepak bola, begitu ada informasi Piala Dunia, beliau mendukung dan pengemar berat," jelas Supratomo.

Terkait dukungan kepada Pemkot Surabaya dalam menyiapkan stadion GBT menjadi venue Piala Dunia U20, Supratomo mengatakan secara pribadi siap 100 persen.

"Hatinya 100 persen. Tinggal nanti pusat bagaimana, provinsi bagaimana, Pemkot Bagaimana. Tapi komitmen sudah 100 persen," tandas Supratomo. (iwd/iwd)