Getaran Gempa Bali Terasa hingga Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 18:06 WIB
Foto: Ilustrasi/AFP
Foto: Ilustrasi/AFP
Banyuwangi - Gempa berkekuatan Magnitudo 5,1 terjadi di 21 kilometer arah barat daya dari Kabupaten Buleleng, Bali, terjadi sekitar pukul 17.21 WIB. Getaran gempa terasa hingga Banyuwangi.

Warga masyarakat sempat keluar dari rumah saat gempa tersebut terjadi. Gempa terasa di Banyuwangi sekitar 4 detik. Getaran terasa pelan, kemudian sedikit kencang.

"Iya, terasa banget getarannya. Sekitar 4 detik," ujar Bintoro, warga Banyuwangi, kepada detikcom, Kamis (14/11/2019).

Hal yang sama diungkapkan oleh Fiyan, warga Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi. Dia mengaku sempat keluar dari rumah lantaran getaran gempa tersebut.


"Sempat lari ke luar rumah. Karena memang kenceng banget getarannya," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram membenarkan gempa di Buleleng, Bali, dirasakan hingga Banyuwangi. Namun hingga saat ini belum ada laporan dari petugas BPBD imbas dari getaran gempa tersebut.

"Memang terasa kencang. Namun lokasi jauh dari Banyuwangi. Sampai saat ini masih belum ada konfirmasi terkait imbas gempa ini," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dan waspada jika ada gempa. Pihaknya berharap tidak ada isu yang membuat masyarakat resah.


"Kami mohon masyarakat bijak agar tidak ada isu negatif terkait dengan adanya gempa. Khususnya yang ada di pesisir. Tunggu informasi dari petugas yang berwenang mengenai masalah gempa ini," pungkasnya.

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,1 terjadi di Buleleng, Bali. Gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 17.21 WIB, Kamis (14/11/2019).

Lokasi gempa berada pada koordinat 8,16 Lintang Selatan dan 114,90 Bujur Timur, atau 21 km arah barat daya dari Bulelang, Bali. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km.




Tonton juga video Suasana Kepanikan Warga di Kota Ambon Saat Gempa M 5,1:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/iwd)