Hanya Butuh 4 Menit Maling Ini Bobol Kotak Amal Isi Rp 15 Juta

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 15:42 WIB
Kotak amal yang dibobol maling (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Kotak amal yang dibobol maling (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto - Aksi dua pria menguras isi kotak amal sebuah masjid di Mojokerto terekam kamera CCTV. Kedua pelaku membawa kabur uang dari kotak amal sekitar Rp 15 juta.

Kedua pria ini mendatangi Masjid Minhajul Abidin di Desa Mojogeneng, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, pada Rabu (13/11) pukul 01.29 WIB. Sebelum beraksi, keduanya mengamati situasi di sekitar masjid.

Saat kondisi benar-benar sepi, mereka lantas membongkar paksa kotak amal yang dipasang pada tembok depan masjid tersebut. Pintu kotak amal yang terbuat dari pelat besi diduga dicongkel pelaku menggunakan kubut atau linggis kecil.

"Kalau melihat bekas congkelan pada kotak amal, mungkin pelaku menggunakan kubut. Karena pintu kotak amal dilas dengan kuat," kata takmir Masjid Minhajul Abidin, Muhammad Nur Falah, kepada wartawan di lokasi, Kamis (14/11/2019).


Kedua pria yang belum diketahui identitasnya ini hanya butuh waktu empat menit untuk menguras isi kotak amal masjid Minhajul Abidin. Dalam rekaman CCTV masjid, terlihat mereka kabur pukul 01.33 WIB.

Mereka memasukkan uang dari kotak amal ke sebuah karung. Kedua pelaku lantas kabur menggunakan sepeda motor ke arah Jatirejo, Mojokerto.

"Karena sudah setahun lima bulan tidak diambil pengurus masjid, uang di dalam kotak amal yang dicuri sekitar Rp 15 juta," ungkapnya.

Berdasarkan rekaman CCTV, lanjut Falah, kedua pelaku mempunyai perawakan kurus. Kedua pria ini disinyalir sengaja memakai helm teropong dan penutup kepala agar wajah mereka tidak tertangkap kamera pengawas masjid.

Selain itu, kedua pelaku diduga lebih dulu mengintai aktivitas di Masjid Minhajul Abidin sebelum menjalankan aksinya. Pasalnya, mereka menyatroni masjid saat para santri sedang libur.

Masjid ini berada di dekat beberapa pondok pesantren. Para santri pun biasa datang ke masjid untuk salat maupun menghafal Alquran hingga larut malam.


"Biasanya ada anak pondok yang di masjid, satu sampai dua anak. Kan mereka menghafal Alquran," terang Falah.

Sampai saat ini, tambah Falah, kotak amal di Masjid Minhajul Abidin telah tiga kali dicuri. Sebelumnya, pencuri menggondol kotak amal di serambi dan di depan masjid.

"Sudah kami laporkan dan sudah diproses oleh pihak kepolisian. Semoga pelakunya lekas ditangkap," tandasnya. (fat/iwd)