5 Desa di Lereng Gunung Wilis dan Kelud Masih Krisis Air Bersih

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 10:22 WIB
Dropping air bersih di Kediri/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Lima desa di empat kecamatan di Kabupaten Kediri mengalami kekeringan dan krisis air bersih dalam dua pekan terakhir. BPBD setempat rutin melakukan dropping air bersih.

Lima desa tersebut yakni Desa Kalipang di Kecamatan Grogol, Desa Semen dan Bobang di Kecamatan Semen serta Desa Asmorobangun dan Puncu di Kecamatan Puncu. Kekeringan terjadi lantaran sumber mata air berkurang akibat kemarau panjang.


Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha menjelaskan soal krisis air yang terjadi di wilayahnya. "Kekeringan yang terjadi ini berada di lereng kaki Gunung Wilis dan Gunung Kelud. Tetapi, tidak semua berada di titik puncak. Adanya dampak dari musim kemarau yang panjang ini mengalami penurunan debit air sampai terjadi kekurangan pemenuhan kebutuhan sehari hari," ucap Randy, Kamis (14/11/2019).

Menurut Randy, krisis air bersih yang dialami warga masih dalam level ringan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sejumlah warga yang wilayahnya terdampak kekeringan terpaksa memanfaatkan air sungai.
Selanjutnya
Halaman
1 2