Tim Pemulihan Temukan Siswa SDN Gentong Masih Trauma Berat

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 12 Nov 2019 17:47 WIB
Siswa SDN Gentong yang masih mengalami trauma berat. (Muhajir Arifin/detikcom)
Siswa SDN Gentong yang masih mengalami trauma berat. (Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Tim pemulihan trauma menemukan banyak siswa SDN Gentong, Gadingrejo, Kota Pasuruan, masih mengalami trauma berat. Mereka ditangani secara khusus.

"Kalau yang sudah joget-joget sepertinya sudah bagus ya. Yang perlu kita waspadai adalah mereka yang diam di pinggir-pinggir dan di belakang-belakang. Itu yang jadi sasaran kami. Kami diam-diam mengamati, kemudian kami catat namanya. Ada adik yang di luar pagar itu bahkan masuk pagar saja takut. Nggak mau," kata psikolog Universitas Negeri Malang Aji Bagus Priyambodo saat ditemui di Madrasah Diniyah Al-Ghofuriyah, Selasa (12/11/2019).


Menurut Aji, selama proses pemulihan umum berlangsung, sebagian besar siswa yang tidak mengalami langsung peristiwa atap ambruk tak terlihat mengalami trauma. Namun siswa kelas II dan V, yang atap ruang kelasnya ambruk, masih mengalami trauma.

"Adik-adik kelas II dan V-lah yang masih mengalami kecemasan. Karena dia mengalami sendiri, mengalami langsung. Jadi efek traumanya besar. Yang kelas lain tetap ada kemungkinan. Kami sudah mencatat semua," terang Aji, yang terjun membantu pemulihan bersama tujuh anggota timnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2