detikNews
2019/11/10 14:39:37 WIB

ABG Jember Kabur dari Rumah, Keluarga Khawatir Jadi Korban Trafficking

Yakub Mulyono - detikNews
Halaman 1 dari 2
ABG Jember Kabur dari Rumah, Keluarga Khawatir Jadi Korban Trafficking Sumiati yang kabur dari rumah bersama tetangganya (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Seorang Anak Baru Gede (ABG) bernama Sumiati (16), kabur dari rumah diduga tergiur ajakan tetangga untuk bekerja. Pihak keluarga khawatir gadis asal Dusun Sumberlanas Timur, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo itu, menjadi korban perdagangan manusia (trafficking).

"Semisal Sumiati bekerja, kita ingin tahu kerjanya di mana dan apa yang dikerjakan. Agar keluarga tidak khawatir. Semoga Sumiati segera pulang," kata kakak Sumiati, Febrianto, kepada detikcom, Minggu (10/11/2019).

Kekhawatiran pihak keluarga cukup beralasan. Pasalnya, Sumiati selama ini dikenal gadis desa yang lugu. Sumiati juga tidak pernah pergi jauh dari rumah. Apalagi tingkat pendidikannya juga tidak sampai tamat SD.

"Pergi ke (pusat kota) Jember saja tidak pernah. HP juga tidak pegang, dan tidak pernah main jauh. Pernah pegang HP milik saya saja, saya bilang jangan, tidak berani sudah," ujar Febrianto.


Kakak Sumiati yang lain, Novi Oktaviani menduga sang adik kabur bersama tetangganya, Helmina. Sang tetangganya pergi dari rumah meninggalkan suami dan dua anak.

Helmina pergi tak berselang lama dari kaburnya Sumiati. Ada dugaan Sumiati diajak bekerja ke Bali.

"Sebab sebelumnya Bu Helmina sempat menawari saya bekerja ke Bali. Saya menolak. Mungkin karena saya tidak berminat akhirnya mengajak adik saya," ungkap Novi.

Jika memang Sumiati pergi ke Bali, Novi khawatir adiknya itu bekerja di tempat yang tidak baik. Apalagi Sumiati sama sekali tidak tahu bagaimana pola pergaulan di tempat itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com