detikNews
Minggu 10 November 2019, 09:01 WIB

Puluhan Relawan Ngebut Siapkan Kelas Relokasi Siswa SDN Gentong

Muhajir Arifin - detikNews
Puluhan Relawan Ngebut Siapkan Kelas Relokasi Siswa SDN Gentong Para relawan menyiapkan bangunan Madrasah Diniyah untuk relokasi siswa SDN Gentong (Foto: Muhajir Arifin)
FOKUS BERITA: SD di Pasuruan Ambruk
Pasuruan - Puluhan relawan melakukan kerja bakti di gedung Madrasah Diniyah (madin) Al-Ghofuriyah. Gedung madin ini akan digunakan sebagai kelas sementara siswa SDN Gentong, Gadingrejo, Pasuruan.

Para relawan ini ngebut menyiapkan kelas relokasi sejak Sabtu (9/11). Karena mulai Senin besok, kegiatan belajar mengajar ratusan siswa dimulai setelah diliburkan 4 hati pasca kejadian atap ambruk.

Relawan dari BPBD, Tagana, SAR dan unsur lain membersihkan gedung, mengecat ulat bagian luar dan dalam 6 ruang yang ada. Sebagian lainnya menata bangku yang akan digunakan dalam kelas.


"Di madin ini sudah ada bangku, kekurangannya tinggal ambil di SD. Pokoknya kami akan kebut sehingga Senin bisa digunakan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi di lokasi, Minggu (10/11/2019).

Kegiatan belajar mengajar seluruh siswa SDN Gentong sebanyak 12 kelas direlokasi ke gedung madin. Gedung madin tersebut hanya memiliki 6 ruang.

"Nanti di-shift, pagi dan siang," terang Samsul.

Puluhan Relawan Ngebut Siapkan Kelas Relokasi Siswa SDN GentongFoto: Muhajir Arifin


Selama beberapa hari ke depan, porsi kegiatan belajar mengajar siswa hanya diberikan 30 persen. Selebihnya kegiatan trauma healing.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR segera membangun gedung sekolah darurat standar bencana untuk siswa SDN Gentong. Jika Pemkot sudah menyiapkan lahan, sekolah darurat segera dibangun dan bisa diselesaikan dalam waktu tiga bulan.

Sementara gedung SDN Gentong rencananya akan dirobohkan. Pemkot akan menyiapkan anggaran pembangunan gedung baru pada 2020.





Tonton juga video Pahlawan di Mata Masyarakat:

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)
FOKUS BERITA: SD di Pasuruan Ambruk
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com