detikNews
2019/11/08 17:11:22 WIB

Sungai Ledeng di Mojokerto Diduga Tercemar Limbah dari 14 UKM Ini

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sungai Ledeng di Mojokerto Diduga Tercemar Limbah dari 14 UKM Ini Pengambilan sampel air Sungai Ledeng/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Limbah yang memenuhi Sungai Ledeng di Mojokerto diduga berasal dari 14 Usaha Kecil Menengah (UKM) pemotongan ayam dan pengolahan usus ayam. Limbah dari belasan industri rumahan itu mengotori sungai tersebut sejak lebih dari 10 tahun yang lalu.

Sungai Ledeng yang penuh dengan sampah dan limbah berada di antara Dusun Sememi dan Dusun Bangsri, Desa Modopuro, Kecamatan Mojosari. Limbah berwarna putih itu mengeluarkan bau tak sedap yang cukup menyengat. Selain itu, sungai dengan lebar sekitar 6 meter ini dipenuhi sampah rumah tangga.


Pejabat Kepala Desa (Kades) Modopuro Rokhim mengatakan, saat ini terdapat 14 UKM pengolahan usus ayam dan pemotongan ayam di wilayahnya. Dengan rincian 10 UKM di Dusun Modopuro, serta masing-masing 2 UKM di Dusun Sememi dan Gedang.

"Untuk limbah ini (yang mengotori Sungai Ledeng) ada kemungkinan sejak berdirinya UKM pemotongan ayam dan pengolahan usus ayam. Mohon maaf kami tidak bisa menyebutkan karena tidak tahu persis kapan berdirinya UKM itu," kata Rokhim kepada wartawan di Kantor Desa Modopuro, Jumat (8/11/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com