Api Lalap Habis Dua Rumah di Mojokerto, Uang Rp 16 Juta Turut Terbakar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 15:14 WIB
Rumah yang terbakar (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Kebakaran hebat melanda dua rumah warga Dusun Kepuhsawo, Desa Mojorejo, Kecamatan Jetis, Mojokerto. Api juga menghanguskan uang tunai Rp 16 juta, sepeda motor, perhiasan emas dan surat-surat berharga.

Kapolsek Jetis Kompol Subiyanto mengatakan, api pertama kali diketahui muncul di rumah pasangan Rahmad Afandi dan Susianti sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu pemilik rumah sedang keluar.

"Awalnya saksi Bambang (55) melihat kepulan asap hitam dan ledakan tabung elpiji dari dapur rumah Rahmad," kata Subiyanto kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).

Bersama warga lainnya, Bambang mengecek ke dalam rumah Rahmad. Saat itu api dengan cepat menjalar ke rumah Sutikno di sebelah barat rumah Rahmad.


"Menurut saksi, saat itu api sudah membesar," terangnya.

Karena tak mungkin memadamkan api dengan peralatan seadanya, warga memilih menghubungi Polsek Jetis dan Pemadam Kebakaran (PMK). Setidaknya 3 mobil PMK diterjunkan ke lokasi untuk menjinakkan api. Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar pukul 11.30 WIB.

Tidak hanya menghanguskan bangunan rumah, kebakaran ini meludeskan berbagai barang berharga milik kedua korban. Di rumah Rahmad, api menghanguskan 1 sepeda motor Yamaha Vega R, uang tunai Rp 11 juta, BPKB sepeda motor, sertifikat rumah, ijazah dan KTP.


Sementara di rumah Sutikno, kebakaran meludeskan uang tunai Rp 5 juta dan perhiasan emas senilai Rp 1 juta. "Tidak ada korban jiwa," ungkap Subiyanto.

Ia mengaku masih menyelidiki penyebab kebakaran di rumah Rahmad dan Sutikno. "Dugaan sementara karena korsleting listrik di dapur rumah korban," tandasnya. (fat/iwd)