Musim Pancaroba, Sebagian Wilayah Jatim Masih Kekeringan

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 12:27 WIB
Warga antre air bersih di Trenggalek (Adhar Muttaqin/detikcom)
Surabaya - Kendati hujan telah mengguyur beberapa wilayah di Jatim, ternyata kekeringan masih melanda sebagian wilayah. Tercatat ada 28 dari 38 kota atau kabupaten yang masih kekeringan.

"Dari 38 kabupaten atau kota, ada 28 kabupaten atau kota masih kekeringan," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nur Seno kepada detikcom di Surabaya, Rabu (6/11/2019).

Satriyo mengakui sebagian daerah di Jatim memang telah turun hujan. Namun curahnya belum cukup tinggi sehingga debit air untuk mengurangi kekeringan belum cukup.


"Sebagian sudah mulai turun hujan, tapi karena curah hujannya belum tinggi, debit air belum cukup," imbuhnya.

Saat ditanya daerah mana saja yang masih kekeringan, Satriyo menyebut daerah terparah adalah sebagian Madura, Magetan, Tuban, hingga Pacitan. Sedangkan daerah yang tidak terjadi kekeringan adalah Surabaya, Mojokerto, Probolinggo, Batu, Malang, Blitar, Kediri, Pasuruan, hingga Madiun.

"Selain daerah di atas, ada 28 kabupaten dan kota yang masih dilanda kekeringan," lanjut Satriyo.


Sebelumnya, saat memberi bantuan air bersih di Pulau Sapudi, Madura, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut kekeringan ini merupakan PR bersama. Khofifah pun mengajak seluruh pihak rajin menanam pohon.

"Kebetulan Jatim itu PR kedua setelah DKI, maka di beberapa kesempatan saya selalu menyampaikan menanam, menanam, menanam. Terutama trembesi, trembesi, trembesi. Kenapa? Karena itu bisa menyimpan cadangan air," saran Khofifah.




Tonton juga video Wilayah yang Diprediksi BMKG Bakal Turun Hujan di Awal November:

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)