detikNews
2019/11/05 20:54:28 WIB

Kebakaran Padam Namun Wisata Kawah Ijen Belum Dibuka, Kenapa Ya?

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kebakaran Padam Namun Wisata Kawah Ijen Belum Dibuka, Kenapa Ya? Jalur pendakian Kawah Ijen di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Meski kebakaran hutan di sekitar TWA Kawah Ijen sudah padam, kawasan wisata tersebut tak kunjung dibuka untuk wisatawan. Pembukaan menunggu izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim selalu pemangku wilayah.

Kepala Bidang Wilayah III Jember BB KSDA Jawa Timur Setyo Utomo menyampaikan, hingga saat ini pihaknya belum bisa membuka destinasi TWA Kawah Ijen. "Izin pembukaan destinasi wisata Blue Fire Ijen menunggu dari pimpinan di Surabaya," ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).


Saat ini pihaknya sudah bersurat ke BBKSDA Jawa Timur. Surat tersebut berisi tentang kondisi TWA Kawah Ijen yang sudah kondusif.

"Melaporkan kondisi bahwa Ijen sudah layak untuk dibuka kembali. Kita berharap besok atau lusa sudah bisa dibuka kembali. Yang jelas kita sudah berikan alasan dan rekomendasi untuk segera dibuka," tambahnya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah melakukan evaluasi jalur pendakian TWA Kawah Ijen. Yakni untuk memastikan kondisi jalur tersebut aman dilalui wisatawan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com