detikNews
Selasa 05 November 2019, 15:37 WIB

Terbakar Hebat, Pabrik Tinta di Surabaya Ambruk

Amir Baihaqi - detikNews
Terbakar Hebat, Pabrik Tinta di Surabaya Ambruk Puing-puing kebakaran (Foto: dok. Amir Baihaqi)
Surabaya - Sebuah pabrik tinta di Jalan Dumar Industri Blok B Kompleks Pergudangan Margomulyo ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi api sempat membuat panik para pekerja.

Kapolsek Asemorowo Kompol Nur Suhud mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Sedangkan api awal berasal dari bagian belakang pabrik milik PT Rek Inka Indonesia itu.

"Dari keterangan saksi pekerja, awalnya muncul api dari bagian belakang pabrik. Para pekerja kemudian berlarian ke luar," kata Nur Suhud kepada detikcom di lokasi, Senin (5/11/2019).

Luas pabrik itu sekitar 25x20 meter persegi. Tadi di dalam ada sekitar 30-an pekerja. Selamat semua," tambah Suhud.


Menurut Kapolsek, bahan tinta yang ada di dalam pabrik membuat api semakin besar dan melalap hampir 90 persen pabrik. Untuk memadamkan api, Dinas PMK Surabaya menerjunkan 16 mobil damkar.

"Damkar yang diturunkan ada 2 bronto skylift dan 14 damkar," ujar Nur Suhud.

"Ya kita lihat tadi api sudah dipadamkan. Namun asap masih terus mengepul dari tumpukan seng dan alat-alat pabrik," tambahnya.


Sedangkan dugaannya, lanjut Suhud, pihaknya belum bisa memastikan. Ia juga belum bisa menaksir berapa kerugian yang diakibatkan dari kebakaran itu.

"Belum kami ketahui, tapi pasti akan kami selidiki apa penyebabnya. Kerugian materi juga belum bisa kita pastikan. Nanti setelah semua selesai, baru bisa kami taksir semuanya," tandasnya.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com