Langgar Lalu Lintas di Ponorogo, Siap-Siap Ditilang 'HOS Cokroaminoto'

Charoline Pebrianti - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 13:15 WIB
HOS Cokroaminoto menghentikan salah satu pengguna kendaraan (Foto: Charoline Pebrianti)
'HOS Cokroaminoto' menghentikan salah satu pengguna kendaraan (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Pahlawan nasional 'HOS Cokroaminoto' ikut Operasi Zebra Semeru 2019. Tak hanya memeriksa kelengkapan pengguna kendaraan, Cokroaminoto juga turut menilang.

HOS Cokroaminoto sengaja dihadirkan Polres Ponorogo untuk menyambut hari pahlawan. Dua anggota sengaja berdandan mirip HOS Cokroaminoto untuk menutup gelaran Operasi Zebra Semeru 2019.

"Ini kan jelang peringatan hari pahlawan jadi ada HOS Cokroaminoto," tutur Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso kepada detikcom di Kantor Kecamatan Babadan, Selasa (5/11/2019).

Pantauan detikcom, razia dimulai dengan dua anggota yang berdandan bak pahlawan memeriksa satu per satu kelengkapan masing-masing kendaraan.


"Dengan adanya pahlawan kan lebih bersifat humanis," terang dia.

Bambang menambahkan operasi zebra semeru yang berlangsung pada 23 Oktober sampai 5 November 2019 sebagian besar didominasi pelanggar sebanyak 80 persen pelajar. Pun pelanggaran tentang kelengkapan surat masih mendominasi.

"Ada juga yang pelatnya mati belum diganti yang baru, itu sudah menyalahi aturan," katanya.

Bambang menambahkan dengan operasi ini sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat bagaimana prosedur penilangan. Agar tidak ada ungkapan negatif masyarakat.


"Tilang itu disidangkan dan denda dimasukkan ke kas negara, jadi masyarakat bisa ikut prosedurnya langsung dan mengetahui langsung proses penindakan tilang sampai dibayar kas negara," tegas dia.

Ke depan operasi serupa bakal rutin digelar agar jumlah para pelanggar bisa ditekan di bumi reog.

"Ke depan kami juga akan terus sosialisasi dan edukasi ke pihak sekolah supaya tidak ada pelajar di bawah umur yang mengendarai motor, masyarakat juga harus melengkapi surat-surat, mengenakan helm dan tidak memodifikasi kendaraannya," pungkas dia. (fat/iwd)