Sidang Kasus Tanah Puskopar Jatim, Bos PT GBP Didakwa Pasal Berlapis

Suparno - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 21:07 WIB
Sidang kasus pemalsuan surat lahan Puskopar Jatim/Foto: Suparno
Sidoarjo - Bos PT Gala Bumi Perkasa (GBP) Henry Jocosity Gunawan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Sidoarjo. Ia terdakwa kasus dugaan penyerobotan dan pemalsuan surat lahan milik Puskopar Jatim seluas 25 hektare.

Sidang digelar dengan agenda pembacaan surat dakwaan. Dengan mengenakan baju berwarna kuning bermotif daun, Henry disidang di Ruang Tirta. Ia mendengarkan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum ((JPU) Budhi Cahyono dari Kejaksaan Negeri Sidoarjo.

Dalam perkara ini, JPU mendakwa Henry J Gunawan dengan tiga pasal berlapis. Yakni pemalsuan surat, memasukkan keterangan palsu ke dalam akta autentik serta secara melawan hukum.


"Terdakwa Henry J Gunawan didakwa telah melanggar Pasal 264 ayat (2) KUHP Pasal 266 ayat (1) KUHP, serta Pasal 385 kesatu KUHP," kata Budhi Cahyono saat membacakan dakwaannya, Senin (4/11/2019).

Atas dakwaan JPU, Penasihat Hukum (PH) terdakwa Henry, Hotman Sitompul akan mengajukan nota keberatan (eksepsi) yang akan dibacakan pada persidangan selanjutnya. "Kami akan mengajukan eksepsi yang mulia," kata Hotman.

Setelah mendengar permohonan PH, Ketua Majelis Hakim Achmad Peten Sili kemudian mengabulkannya. Sidang eksepsi akan digelar pada Senin (14/11).
Selanjutnya
Halaman
1 2