Musim Pancaroba, BPBD Jatim Petakan Daerah Rawan Banjir dan Longsor

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 18:16 WIB
Musim penghujan (Foto: Hasan Alhabshy-detikcom)
Surabaya - Menandai musim pancaroba, guyuran hujan mulai terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. Untuk itu, BPBD Jatim mulai memetakan beberapa daerah rawan bencana.

Kasi Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nur Seno mengatakan pihaknya tengah menyusun surat edaran Gubernur Jatim untuk seluruh bupati dan wali kota. Edaran ini bertujuan agar setiap daerah bersiaga terhadap ancaman bencana longsor hingga banjir.

"Kita sudah menyusun surat edaran gubernur kepada kabupaten kota untuk siaga banjir longsong tahun 2019. Ini arahnya di situ, temen-temen kabupaten diminta untuk siaga dan memetakan daerah-daerah mana saja yang berpotensi terjadinya banjir longsor," kata Satriyo saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (4/11/2019).


Selain itu, Satriyo menyebut pihaknya juga menyiapkan logistik hingga beberapa perlengkapan untuk mendukung penanganan banjir dan longsor di berbagai daerah.

"Kita juga menyiapkan logistik, kemudian peralatan nantinya mendukung kegiatan banjir fan longsor yang kami harapkan tidak ada. Adapun tidak terlalu besar," ucapnya.