Ini Harapan Mantan Menpar Arief Yahya untuk Pariwisata Banyuwangi

Ini Harapan Mantan Menpar Arief Yahya untuk Pariwisata Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 03 Nov 2019 21:24 WIB
Arief Yahya (tengah)/Foto: Ardian Fanani
Arief Yahya (tengah)/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Arief Yahya, mantan Menteri Pariwisata RI berharap sektor pariwisata di Banyuwangi terus berkembang. Seiring dengan kebijakan yang pernah dilakukan dan diberikan saat dirinya menjabat.

Arief Yahya yang menetap di Bandung, saat ini disibukkan dengan aktifitas ringan, menikmati keindahan alam dan suasana Bandung. Apakah ingin kembali ke Banyuwangi?

"Tanah kelahiran tak bisa saya lupakan. Tentu akan ada rencana untuk kembali," ujarnya saat dihubungi detikcom, Minggu (3/11/2019).


Kondusivitas Banyuwangi, kata Arief Yahya, membuat Banyuwangi dapat mengembangkan sektor pariwisata. Kepemimpinan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membuat Banyuwangi tak gaduh membuat ekosistem dan ekonomi kreatif tumbuh subur. Sebab menurutnya, keduanya sangat sensitif dengan ketidakpastian.

"Sejak dulu, memang tidak ingin pariwisata itu gaduh dan penuh polemik pro kontra. Karena ekosistem di pariwisata dan ekonomi kreatif itu sangat sensitif dengan ketidakpastian. Mereka adalah industri yang harus menjaga hospitality, keramah-tamahan dan kesantunan. Negara pasar juga mudah bereaksi dengan travel advice, jika situasi tidak kondusif," tambahnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3