Ada Ruang Bebas Uang di Blitar, Apakah Itu?

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 03 Nov 2019 10:12 WIB
Aksi sosial bertajuk Ruang Tanpa Uang di Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar - Sekelompok pemuda di Blitar menggagas aksi sosial dengan konsep berbeda. Mereka menyadarkan kepedulian pada sesama tanpa sekat dan sistem yang rumit.

Setiap Jumat sore, mereka menggelar aksi charity atau amal dengan tajuk Ruang Bebas Uang Blitar. Acara yang digagas sekelompok pemuda ini mengusung konsep berbagi tanpa ada transaksi.

'Ambil yang kamu butuhkan, ambillah secukupnya secara gratis. Karena masih banyak yang membutuhkan. Donasikan barangmu yang tidak terpakai'. Berikut tulisan yang dipampang di depan berbagai barang yang digelar di Alon-alon Kota Blitar. Mulai dari baju, celana, makanan, minuman, buku dan berbagai peralatan rumah tangga.

Aksi sosial bertajuk Ruang Tanpa Uang di BlitarAksi sosial bertajuk Ruang Tanpa Uang di Blitar Foto: Erliana Riady


"Ini adalah cara kami menggugah kesadaran tiap individu untuk lebih peduli dan berbagi pada sesama. Caranya simpel banget. Tinggal taruh barang yang gak kepake. Dan siapapun boleh mengambil secukupnya jika membutuhkan. Semua gratis tanpa transaksi, tanpa uang," kata koordinator aksi, Muh Yusuf Iqbal pada detikcom, Minggu (3/11/1019).

Acara itu sudah berlangsung selama sebulan namun banyak yang belum mengetahuinya. Jadi, barang yang di lapak masih terbatas.