IERC 2019 Banyuwangi-Bromo, Balap Motor Trail yang Berbasis GPS

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 02 Nov 2019 13:24 WIB
Para pembalap motor trail Banyuwangi-Bromo/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Banyuwangi menjadi bagian dari ajang Indonesia Enduro Rally Championship 2019 (IERC). Event balap motor trail pertama di Indonesia yang menggunakan sistem teknologi GPS satelit.

Ratusan riders dari segala penjuru tanah air dan mancanegara melintasi segala bentuk medan sejauh lebih dari 450 kilometer. Dari Banyuwangi menuju Bromo.

Event itu tidak hanya diikuti oleh puluhan tim dari Indonesia. Sejumlah pembalap dari negara lain seperti Italia, Rumania dan Malaysia juga mengikuti event balap motor yang lebih pantas disebut adventure ini.


"Dikatakan pertama di Indonesia, ini karena IERC 2019 Banyuwangi-Bromo satu-satunya rally yang menggunakan GPS sebagai pemandu rutenya," kata Edy Kampang, ketua panitia event kepada detikcom, saat pelaksanaan lomba, Sabtu (2/11/2019).

Para pembalap diberikan alat yang disebut tracker, yang akan memandu rute perjalanan. Secara otomatis alat tersebut mampu merekam waktu yang ditempuh dari masing-masing tim. Sehingga skor untuk tiap tim langsung diaplikasikan secara real-time.

"Selain itu, tracker dapat melaporkan segala bentuk macam pelanggaran. Seperti melenceng dari jalur atau nerabas (potong jalur). Bahkan ini juga berfungsi untuk menyampaikan informasi jika ada riders yang mengalami keadaan emergency," imbuhnya.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2