Tol Laut Banyak Kendala, Gerindra Sarankan Perbaikan Menyeluruh

Tol Laut Banyak Kendala, Gerindra Sarankan Perbaikan Menyeluruh

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 18:41 WIB
Kapal di perairan Indonesia/Foto: Ardian Fanani
Kapal di perairan Indonesia/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Tol Laut lebih baik ditutup karena ada banyak permasalahan yang menyelimuti jalannya program tersebut. Pernyataan itu disampaikan Ketua Bidang Maritim dan Kelautan DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono.

"Tol Laut ini tidak ada manfaatnya bagi masyarakat. Kalau dibilang program ini bisa menurunkan disparitas harga itu omong kosong. Tol Laut ini malah menyedot subsidi dari APBN. Jadi lebih baik Tol Laut ini ditutup saja," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (1/11/2019).

Menurutnya, program unggulan Presiden Joko Widodo pada 2014 ini, dalam perjalanannya banyak terganjal berbagai kendala. Mulai dari konsepnya yang belum jelas hingga sinergitas antar lembaga yang langka ditemui.


Bambang yang merupakan Anggota Komisi V DPR RI Periode 2014-2019, sudah dari jauh-jauh hari menyatakan program ini tidak layak dijalankan. Sejak awal ia menilai banyak salah kaprah dalam perjalanannya. Barang-barang yang diangkut Tol Laut tidak pernah dikontrol dan akhirnya dilepas ke mekanisme pasar.

Ia menyampaikan, barang yang diangkut seharusnya merupakan 11 komoditas pokok. Namun pada kenyataannya Tol Laut turut mengangkut komoditas lainnya. Seperti barang elektronik dan sepeda.
Selanjutnya
Halaman
1 2