Dua Pembalak Sonokeling di Tulungagung Ditetapkan Jadi Tersangka

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 17:03 WIB
Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Hendi Septiadi (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Polisi menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan pembalakan kayu sonokeling di ruang milik jalan (rumija) jalan nasional. Kedua tersangka kini menjadi terpidana dalam kasus serupa di Trenggalek.

Kasatreskrim Polres Tulungagung AKP Hendi Septiadi mengatakan kedua tersangka yang ditetapkan adalah Agus Mahendra, warga Tulungagung yang bertugas sebagai penadah sekaligus penyandang dana serta Ahmad Kirwono selaku pegawai BBPJN Kediri.

"Sementara ada dua yang kami tetapkan sebagai tersangka, keduanya ini saat ini berada di Rutan Trenggalek, karena terjerat kasus yang sama di Trenggalek," kata Hendi, Jumat (1/11/2019).


Saat ini penyidik masih terus melakukan proses pendalaman terkait kasus dugaan pembalakan sonokeling itu, karena diyakini masih ada beberapa pelaku lain yang berpotensi menjadi tersangka. Termasuk dugaan keterlibatan PNS lain yang membuat surat perintah penebangan palsu.

"Dari keterangan para tersangka nanti akan diketahui bagaimana kasus ini terjadi, termasuk peran orang yang sedang kami incar ini," ujarnya.

Dengan penetapan tersangka ini, polisi akan segera melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku. Penyidik akan meminjam tersangka dari Rutan Trenggalek untuk dilakukan pemeriksaan hingga hingga proses hukum selanjutnya.


Hendi menyebut, dalam perkara pembalakan kayu sonokeling itu, pihaknya fokus pada lima titik batang kayu yang ditebang oleh para pelaku. Kayu-kayu tersebut diduga didistribusikan ke luar daerah.

"Terkait distribusi kayu itu, menurut keterangan yang kami dapatkan ada yang diambil di rumah tersangka ada juga yang disetorkan. Nanti akan kami pastikan melakui proses pemeriksaan," imbuhnya.


Simak juga video "Membuat Lukisan dari Pewarna, Tulungagung" :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)