Hari Ini Tol Seksi 4 Singosari-Pakis Malang Digratiskan

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 09:37 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Sosialisasi akan beroperasinya jalan Tol Pandaan-Malang seksi 4 (Singosari-Pakis), terus dilakukan oleh PT Jasa Marga dengan menyebarkan informasi melalui media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS).

"Untuk menghindari saldo kurang yang berpotensi menimbulkan antrean panjang di gerbang tol, pengguna jalan diimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan," harap Agus.

Pembangunan jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km ini telah selesai 16 Oktober 2019 ditandai dengan diterbitkannya Sertifikat Laik Operasi No PB 0201-Db/986 dari Direktorat Jenderal Bina Marga dan telah digunakan sebagai jalan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik selama libur Lebaran tahun 2019.

Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singasari-Pakis/Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singasari-Pakis/ Foto: Istimewa


Dengan beroperasinya seksi 4, Jalan Tol Pandaan-Malang telah mengoperasikan 35,375 km dari total 38,488 km panjang jalan tol. Sedangkan, untuk seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 km masih dalam tahap konstruksi.

Saat ini, pengguna jalan dari Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui gerbang Tol Pakis. Dengan demikian kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani, Kota Malang, akan menjadi berkurang.

Demikian pula untuk pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso, bila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rachman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis.
Halaman

(fat/fat)