Kekeringan Masih Melanda, ACT Jatim Salurkan Air Bersih

Titania Dewanti - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 12:25 WIB
Penyaluran air bersih (Foto: dok. Istimewa)
Surabaya - Dampak kemarau panjang masih dirasakan hampir seluruh masyarakat di Tanah Air. BMKG memprediksi hujan akan mulai turun pada awal November.

Namun hingga saat ini hujan baru turun di beberapa wilayah dengan intensitas kecil, sehingga masyarakat masih dilanda kekeringan. Hampir dua hari sekali mereka membeli air bersih, yang berarti menambah beban kebutuhan hidup sehari-hari.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jatim mendapat laporan dari warga Kecamatan Balongpanggang dan Cerme, Gresik. Mereka masih kesulitan mendapatkan air bersih. Warga membeli dari penjual curah air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sumber air bersih utama di waduk sudah kering.


ACT Jatim merespons laporan tersebut dengan mengirimkan humanity water tank. Kepala Program ACT Jatim Dipo Hadi bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Gresik menyalurkan air bersih pada Rabu (30/10) malam.

Dipo Hadi menyampaikan masyarakat masih sangat memerlukan pasokan air bersih karena kemarau panjang. "ACT terus berkomitmen menyalurkan bantuan air bersih selama musim kemarau ini mengingat banyaknya permintaan bantuan dari masyarakat," ujar Dipo.
Selanjutnya
Halaman
1 2