Ini Penampakan Km 65 Tol Pandaan-Malang Lokasi Water Barrier Bergerak Sendiri

Ini Penampakan Km 65 Tol Pandaan-Malang Lokasi Water Barrier Bergerak Sendiri

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 14:25 WIB
Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Pengelola Tol Pandaan-Malang sudah mengganti dua water barrier yang rusak dan bocor. Kedua water barrier tersebut adalah yang terekam CCTV bergerak sendiri sehingga viral di medsos dan aplikasi percakapan.

Kedua water barrier tersebut kini sudah diganti. Dua water barrier yang baru sudah diisi air dan dipastikan bisa menahan terpaan angin yang kuat di lokasi tersebut.

"Dari video yang viral itu, setelah kami periksa di lapangan, ada beberapa barrier yang terlihat di video itu kan ada dua (yang bergerak). Ternyata bocor. Yang bocor ini sudah kami ganti dengan yang bagus. Dan saat ini sudah seperti yang dilihat, ini sudah terisi air semua dan berfungsi dengan baik," kata Manajer Humas PT Jasa Marga Tol Pandaan-Malang Agus Tri Antyo di Km 65 Tol Pandaan-Malang, Rabu (30/10/2019).


Agus memastikan peristiwa sebagaimana ada dalam video viral murni faktor alam. Bukan karena ada 'campur tangan' makhluk halus atau lainnya.

"Itu murni faktor alam, angin. Nggak ada yang ganjil. Kebetulan di sini merupakan lembah, anginnya juga cukup lumayan kencang, sehingga angin yang menyebabkan water barrier bergeser," tandas Agus.


Lokasi video water barrier bergerak berada di Km 65 b, Tol Pandaan-Malang. Lokasi tersebut merupakan bukit yang digali sehingga membentuk lorong.

Di sisi selatan terdapat lembah terbuka, sehingga angin dari lembah sangat kuat. Selain bisa menggeser water barrier yang tak terisi air, angin juga mempengaruhi kendaraan yang melaju. Berkaca dari kejadian ini, pengelola tol berencana memasang rambu 'hati-hati angin kencang' di lokasi tersebut. (iwd/iwd)