Usut Dalang Pembakaran di GBT, Polisi Periksa Bukti Dokumentasi

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 12:29 WIB
Bekas pembakaran reklame di Stadion GBT. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Gubernur Khofifah Indar Parawansa ingin polisi mengusut tuntas dalang perusakan dan pembakaran fasilitas Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dalam kerusuhan Bonek, Selasa (29/10). Polisi mulai memeriksa bukti dokumentasi dan saksi-saksi.

"Ibu Khofifah meminta Polda Jatim mengusut tuntas kasus ini. Bapak Kapolda juga menyatakan prihatin akan kejadian ini," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera kepada detikcom di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Rabu (30/10/2019).

Menurut Barung, pihaknya kini tengah mencari bukti-bukti di lokasi. Jika bukti terkumpul, pihak kepolisian akan segera menindak tegas pelaku.


"Kedua, Kapolda Jatim meminta semua pihak tidak lagi mengulangi perbuatan tersebut. Terutama pembakaran dan perusakan, kami akan melakukan penegakan hukum. (Untuk) sementara kami mencari bukti autentik untuk kami menindaklanjuti," paparnya.

Barung juga menambahkan pihaknya segera memanggil saksi-saksi di lokasi. Namun kini penyidik tengah memeriksa dokumentasi saat kejadian pembakaran di lokasi.


"Iya dong, pasti itu (kami lakukan pemeriksaan saksi). Tapi digitalnya dulu kami ambil," pungkas Barung.

Selasa (29/10), Persebaya kalah dengan skor 2-3 oleh PSS Sleman dalam laga yang digelar di Stadion GBT. Bonek kemudian merangsek masuk ke lapangan dan terjadi chaos hingga pembakaran lapangan.



Persebaya Kalah, Suporter Bakar Papan Reklame:

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)