detikNews
Selasa 29 Oktober 2019, 21:35 WIB

Dikabarkan Hilang di Alas Purwo, 2 Pemuda Banyuwangi Ini Terlihat di Sidoarjo

Ardian Fanani - detikNews
Dikabarkan Hilang di Alas Purwo, 2 Pemuda Banyuwangi Ini Terlihat di Sidoarjo Andre dan Amanda yang dikabarkan hilang (Foto: dok. Istimewa)
Banyuwangi - Dua pemuda asal Kecamatan Purwoharjo, Andre dan Amanda, yang sempat dikabarkan hilang di Taman Nasional Alas Purwo, terdeteksi berada di Sidoarjo. Posisi dua remaja SMK ini terekam CCTV dari rumah seorang ustaz di Sidoarjo.

Saat dihubungi detikcom, Linda, kakak Amanda, membenarkan informasi tersebut. Menurut Linda, Manda--sapaan akrab Amanda--berpamitan pergi liburan bersama teman-temannya ke Taman Nasional Alas Purwo pada Minggu (27/10/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Namun ternyata, diduga tujuan tersebut hanya alasan belaka.

"Izinnya ke saya dan bundanya mau lihat penyu di Alas Purwo. Omongnya sama teman-temannya banyak," ujar Linda saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (29/10/2019) malam.

Namun anehnya, Manda sampai hari ini belum juga pulang ke rumah. Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Linda akhirnya berinisiatif membuat pengumuman orang hilang di media sosial. Bahkan pihak keluarga juga melaporkan hilangnya Manda ke pihak kepolisian.

"Karena pamitnye ke Alas Purwo, akhirnya oleh polisi dan Basarnas dicari ke sana. Sudah dicari tidak ketemu juga," kata Linda.


Akhirnya Linda mencoba menelusuri keberadaan Manda kepada teman-teman dekatnya.

"Saya selidiki, katanya Manda sering chatting-an sama anak Ustaz Zulfikar di Sidoarjo. Akhirnya saya DM yang bersangkutan, tapi dia mengaku tidak pernah chatting-an sama adik saya," ungkapnya.

Chatting-an Linda kepada anak Ustaz Zulfikar sempat dikira candaan. Namun, setelah dilakukan pengecekan CCTV yang terpasang di teras rumah Ustaz Zulfikar, ternyata Manda dan Andre (temannya yang juga hilang) sempat singgah di rumahnya tersebut.

"Sekitar jam setengah 8 pagi, adik saya datang ke rumah Ustaz Zulfikar. Istri ustaz Zulfikar sempat kaget karena adik saya ngaku anaknya Ustaz Zulfikar," ujarnya.


Manda dan Andre akhirnya ditemui Ustaz Zulfikar di luar gerbang rumah. "Ditanyain sama Ustaz Zulfikar, kalian dari mana? Sudah izin atau belum ke orang tua?" kata Linda.

Akhirnya kedua remaja tersebut diberi nasihat dan diminta pulang ke rumah masing-masing. "Diminta pulang. Tapi sampai sekarang Manda dan temannya belum juga sampai ke rumah," imbuhnya.

Sementara itu, aparat kepolisian mengonfirmasi hilangnya dua remaja tersebut. Sampai saat ini, pihak kepolisian berupaya berkoordinasi dengan aparat kepolisian di Sidoarjo terkait dengan pencarian dua remaja ini.

"Masih kami koordinasikan. Semua besok pulang," janji AKP Ali Ashari, Kapolsek Tegaldlimo.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com