Operasi Zebra di Kota Malang, Polisi Bagikan Helm, Cokelat, dan Bunga

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 18:07 WIB
Pelanggar Operasi Zebra di Malang justru mendapatkan hadiah dari polisi. (Muhammad Aminudin/detikcom)
Pelanggar Operasi Zebra di Malang justru mendapatkan hadiah dari polisi. (Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang - Cara berbeda dilakukan Polres Malang Kota dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2019. Pengendara yang melanggar justru diberi helm, cokelat, dan bunga.

Aksi simpatik itu dilakukan sekaligus mengingatkan mereka agar tertib dalam berlalu lintas. Aksi simpatik ini berlangsung di Simpang Tiga Jalan Jenderal Basuki Rahmat atau tepatnya depan PLN APJ Malang, Selasa (29/10/2019) sore.

Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol (inf) Tommy Anderson memimpin langsung jalannya operasi simpatik itu.

Beberapa jajaran Polres Malang Kota, seperti Wakapolres Kompol Ari Trestiawan, Kasat Lantas AKP Ari Galang Saputro, dan anggota Polwan Polres Malang Kota, terlihat ikut memberikan edukasi kepada pengguna jalan untuk mengedepankan keselamatan berkendara.


Helm gratis diberikan bagi pemotor yang tertangkap basah tak menggunakan helm SNI. Sedangkan cokelat dan bunga diberikan kepada pengendara roda empat yang tak mengenakan sabuk pengaman.

Senyum tanda malu terlihat pada pengendara yang tertangkap tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

Mereka kemudian diingatkan agar ke depan tidak mengulangi lagi, terutama bagi orang dewasa yang memboncengkan anak-anak sekolah. Mereka juga disadarkan supaya mengenakan helm bagi anak-anak mereka selama berkendara.

"Dalam rangka Operasi Zebra 2019 hari ini, kami Polres Malang Kota tidak melakukan penindakan. Tetapi kami melakukan simpatik berupa pemberian helm gratis, cokelat, dan bunga untuk pengendara roda dua yang tidak memakai helm atau memakai helm yang tidak SNI," ucap Dony kepada wartawan di sela operasi, Selasa (29/10) sore.


Dony berpesan kepada orang tua agar memakaikan helm pada anak-anak mereka saat diboncengkan motor. Ini juga demi mementingkan keselamatan selama berkendara.

"Untuk orang tua agar tidak boncengan tiga orang saat mengendarai motor. Anak-anak juga harus mengenakan helm, demi keselamatan mereka selama perjalanan. Kami juga mengingatkan pengendara roda empat yang tidak mengenakan sabuk pengaman, dengan memberikan bunga dan cokelat," kata Dony.

Setidaknya puluhan helm gratis diberikan petugas selama operasi ini selain ratusan bungkus cokelat dan bunga bagi pengendara yang melanggar aturan.


Simak juga video "Nekat! Pemotor Melaju di Area Rel KA demi Hindari Razia Lalin" :

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)