Peternak Ikan Koi di Mojokerto Rugi Rp 10 Juta Akibat Cuaca Panas

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 16:46 WIB
Peternak ikan koi di Mojokerto (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto - Cuaca panas membuat peternak ikan koi di Mojokerto harus menanggung kerugian hingga Rp 10 juta. Pasalnya, puluhan ikan indukan yang rata-rata berumur 1 tahun mati mendadak akibat suhu yang terlalu panas.

Seperti yang dialami Kunadi (60), peternak ikan koi di Dusun Gempal, Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar. Di sebelah rumahnya, bapak dua anak ini mempunyai sembilan kolam. Kolam tersebut terdiri atas kolam pembenihan dan pembesaran ikan koi.

"Sepanjang musim kemarau ini, jumlah ikan yang sudah mati 40 ekor. Rata-rata umurnya 1 tahun," kata Kunadi kepada wartawan di kolam ikan koi miliknya, Selasa (29/10/2019).


Budi daya ikan koi ini ditekuni Kunadi bersama putranya, Hariono (32), sejak lima tahun lalu. Menurut Hariono, baru musim kemarau tahun ini puluhan ikan koi peliharaannya mati mendadak.

Kematian ikan indukan yang rata-rata berukuran 25-30 cm itu akibat cuaca panas yang ekstrem. Suhu air kolam pada siang hari bisa mencapai 40 derajat Celsius. Kondisi ini membuat zat amoniak dari sisa pakan ikan mencemari air kolam.
Selanjutnya
Halaman
1 2