detikNews
Senin 28 Oktober 2019, 17:09 WIB

Dua Pelaku Ganjal ATM Diamankan, Kuras Duit Korban Rp 200 Juta

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Dua Pelaku Ganjal ATM Diamankan, Kuras Duit Korban Rp 200 Juta 2 Pelaku ganjal ATM diamankan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Polisi mengamankan dua dari enam pelaku spesialis ganjal ATM. Mereka merupakan komplotan pembobol ATM lintas provinsi.

Dua pelaku yang diamankan adalah Muhzirin (46), warga Jalan Pesantren, Cimahi dan Soni Saputra (35), warga Lampung. Dalam aksinya mereka memiliki peran yang berbeda yakni sopir dan pengalih perhatian.

"Kedua pelaku kami amankan di Bandung dan Garut, sekitar dua minggu yang lalu," kata Kanit Resmob Polrestabes Iptu Bima Sakti kepada wartawan di Mapolrestabes Surabaya, Senin (28/10/2019).

Bima mengatakan kedua pelaku yang telah ditangkap ini berasal dari Lampung. Mereka datang dari Lampung sekitar enam orang. Selanjutnya mereka ke Bandung lanjut menuju ke Surabaya untuk beraksi.


Selain dua orang pelaku yang sudah diamankan, polisi masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang lain.

"Total ada enam pelaku. Saat ini kami masih melakukan pengejaran kepada empat orang DPO yang lain," ujar Bima.

Bima mengatakan di Surabaya, tercatat ada dua ATM di minimarket yang menjadi targetnya. Satu target lain berada di Gresik.

"Modus yang mereka gunakan adalah tusuk gigi untuk mengganjal ATM-ATM yang ada di mini market di Surabaya dan Gresik," ungkap Bima.

Aksi pelaku membuat tiga orang kehilangan uang di ATM-nya hingga puluhan juta. "Untuk kerugian ditafsir Rp 20- 100 juta untuk para korban," ungkap Bima.

Salah satu pelaku, Muhzirin, mengatakan cara yang digunakan untuk menguras ATM milik korban yakni dengan memasukan tusuk gigi pada mesin ATM.


"Setelah dimasukkan, ATM-nya macet kemudian korban minta tolong. Setelah berhasil diambil langsung kita ganti dengan ATM lain," ungkap Muhzirin.

Muhzirin melanjutkan sedangkan tim yang lain ada yang sudah mengintip korban ketika menekan nomor PIN. Setelah mendapatkan kartu ATM milik korban, pelaku langsung mengambil di mesin ATM yang lain.

"Langsung kita kuras," tandas Muhzirin.

Dari kedua tersangka, polisi mengamankan barang bukti 1 tusuk gigi, 1 buku tabungan, 1 kartu ATM, uang tunai Rp 1,3 juta, baju pelaku, dan rekaman CCTV.

Keduanya dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.


Simak juga video "Berkas Tersangka Skimming ATM, Rayadjie Priambodo Dilimpahkan ke Jaksa" :

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com