Beruang Coklat Joy di Taman Safari Prigen Lahirkan Dua Anakan Menggemaskan

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 16:29 WIB
Beruang Cokelat Joy Lahirkan Dua Anakan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Beruang cokelat Joy milik Taman Safari Prigen melahirkan dua anakan jantan yang menggemaskan. Dua anakan bernama Sakti dan Satria lahir normal setelah si induk menjalani proses bunting selama 9 bulan.

Sebelum melahirkan Sakti dan Satria, Joy melewati proses yang melelahkan. Mulai dari tiga minggu proses kawin, 9 bulan masa kebuntingan hingga puasa.

"Sebelum bunting, Joy kami tempatkan di kandang khusus dengan pejantan Chiko. Kami tunggu tiga minggu untuk memastikan Joy dan Chiko kawin," kata Senior Keeper Karnivora Taman Safari Prigen, Musa Taebenu, di kandang khusus beruang cokelat, Senin (28/10/2019).


Setelah proses perkawinan, Joy menjalani masa bunting selama 9 bulan. Saat bunting, perawatannya jauh lebih sulit. Ketika usia kebuntingan mencapai tujuh bulan, beruang semakin sensitif. Ia menjadi pemarah dan tak mau didekati si jantan.

"Itu berarti tanda-tanda kelahiran sudah semakin dekat. Kalau sudah muncul tanda-tanda itu, Joy harus berpuasa selama sebulan agar proses kelahiran lancar," jelas Musa.

Selama satu bulan persiapan kelahiran, Joy ditempatkan di kandang gelap yang steril dari apapun. Lingkungan kelahiran yang baik, akan mendukung lancarnya persalinan.