Begini Kondisi Jalur Pendakian Kawah Ijen Pascaterbakar

Begini Kondisi Jalur Pendakian Kawah Ijen Pascaterbakar

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 28 Okt 2019 11:09 WIB
Jalur pendakian Ijen yang terbakar (Foto: Istimewa)
Jalur pendakian Ijen yang terbakar (Foto: Istimewa)
Banyuwangi - Api merusak jalur pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi. Tanaman hijau di sepanjang kanan dan kiri jalur pendakian, dari Paltuding hingga ke Pos Bunder hangus terbakar. Masih ada beberapa titik api yang muncul di sana, namun sulit dipadamkan. Sebab api berada di lereng curam dan jurang.

"Banyak pohon yang terbakar. Tanaman banyak yang gosong terbakar karena kebakaran kemarin," ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi kepada detikcom, Senin (28/10/2019).

Kapolres Taufik memimpin langsung kegiatan pengecekan jalur pendakian Ijen. Ini dilakukan untuk memantau kondisi terkini jalur kawah biru tosca penari wisatawan mancanegara di Banyuwangi ini. Tak hanya itu, pihaknya juga membawa kendaraan pemadam kebakaran untuk memadamkan api di sekitar jalur tersebut.


"Memang sedih melihatnya. Ada beberapa titik api yang masih menyala. Kita bawa kendaraan pemadam naik. Cukup suiit, jalur yang sempit dan berpasir membuat kendaraan sempat terhenti," tambahnya.

Kawasan Ijen pascaterbakar/Kawasan Ijen pascaterbakar/ Foto: Istimewa

Menurut kapolres, beberapa pohon perlu dipangkas agar tidak membahayakan para pendaki. Sebab pohon-pohon yang kebanyakan jenis Cemara Gunung ini miring ke jalur pendakian.

"Perlu dipangkas. Jangan sampai membahayakan pendakian saat nanti akan dibuka nanti," tambahnya.


Untuk saat ini pendakian ke destinasi wisata TWA Kawah Ijen ditutup sejak 20 Oktober lalu. Kebakaran dahsyat dan angin kencang membuat pohon terbakar dan tumbang. Hal ini sangat membahayakan para wisatawan jika tetap dibuka.




Kawasan TWA Kawah Ijen Terbakar Hebat:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)