Wapres dan Wamenag akan Buka Santri Culture Night Carnival di Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Minggu, 27 Okt 2019 21:15 WIB
Wapres dan wamenag akan hadiri Hari Santri di Surabaya (Foto: Amir Baihaqi-detikcom)
Surabaya - Ribuan santri seluruh Jawa Timur memadati kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Al Akbar. Kedatangan mereka memperingati puncak Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang bertajuk Santri Culture Night Carnival.

Sekretaris PWNU Jatim M Hasan Ubaidillah mengatakan pihaknya memperkirakan 30 ribu santri se-Jatim akan menghadiri acara ini. Wapres Ma'ruf Amin akan membuka langsung acara.

"Untuk pengisi acara ada sekitar 1.500 ribu. Sedangkan para santri yang akan hadir sekitar 30 ribu dari berbagai ponpes se-Jatim," kata Hasan saat ditemui detikcom di kantor PWNU Jatim Jalan Masjid Al Akbar, Minggu (27/10/2019).


"Malam ini, Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin akan membuka acara langsung. Selain itu hadir pula Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan beberapa menteri seperti Menteri Desa Pak Halim Iskandar serta Menteri Ketenagakerjaan Bu Ida Fauziah," tambahnya.

Hasan menambahkan, acara yang digelar malam ini juga akan dimeriahkan sejumlah perform kebudayaan Indonesia. Sejumlah perform itu dibagi dalam 3 sesi.

"Sesi pertama ada kirab kolosal bendera merah putih dan pusaka NU, serta tari gandrung dari Banyuwangi. Sesi kedua ada barongsai dan kitab santri milenial," terang Hasan.


Sesi terakhir ada diisi pertunjukan reog Ponorogo, tari remo dan pencak silat Pagar Nusa. Untuk penutupan akan dilakukan pembacaan doa dan makan bersama 2.000 nampan liwetan akbar," tandasnya. (fat/fat)