Puluhan Warga Wamena yang Pulang ke Trenggalek Terima Bantuan Transportasi

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 23:33 WIB
Pengungsi Wamena di Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin)
Trenggalek - Pemerintah Trenggalek memberikan uang pengganti transportasi kepada puluhan pengungsi kerusuhan Wamena asal Trenggalek. Bantuan uang tunai berasal dari para donatur dan lembaga zakat.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan, jumlah pengungsi Wamena asal Trenggalek berjumlah 55 jiwa. Mereka terdiri dari balita, remaja hingga dewasa.

"Mereka waktu pulang itu masih menggunakan anggaran pribadi, nah kali ini kami berikan uang bantuan transportasi kepada seluruh pengungsi yang balik ke Trenggalek. Untuk yang naik pesawat kami ganti Rp 2,5 juta dan yang naik kapal laut Rp 1 juta," kata M Nur Arifin, Sabtu (26/10/2019).


Bantuan tunai tersebut didapatkan dari penghimpunan dana dari para donatur melalui rekening donasi, maupun Baznas. Selain bantuan keuangan, pihaknya juga memberikan bantuan kebutuhan pokok serta peralatan sekolah bagi anak-anak.

"Karena sebagian pengungsi ini sudah ber-KTP Wamena, maka tidak kami ambilkan dari APBD. Tapi dari bantuan para donatur, lembaga maupun ASN," ujarnya.

Menurutnya, penghimpunan bantuan melalui rekening donasi sempat terkumpul anggaran Rp 60 juta. Namun jumlah tersebut masih belum mencukupi, sehingga pemerintah memanfaatkan sisa dana kebencanaan.

"Kita kan masih ada dana kebencanaan yang dihimpun dari donatur saat kejadian-kejadian bencana sebelumnya. Itu yang kami pakai," ujar Arifin.