detikNews
2019/10/26 14:30:07 WIB

Ini Penyebab Ratusan Pelajar MIN 1 Malang Pembawa Difteri

Muhammad Aminudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ini Penyebab Ratusan Pelajar MIN 1 Malang Pembawa Difteri Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang (Foto file: Muhammad Aminudin)
Malang - Ratusan pelajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 terindikasi membawa (carrier) difteri. Apa penyebabnya ?

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Supranoto menyatakan, bahwa bakteri Corynebacterium Diphthetiae sebagai cikal bakal difteri sangat memungkinkan masuk dalam tubuh seseorang.

Namun semua dapat dicegah, apabila seseorang itu telah mendapatkan imunisasi lengkap dan berkelanjutan.


"Kuman atau bakteri berpotensi menyebabkan difteri, bisa saja masuk ke dalam tubuh seseorang. Seperti yang ditemukan pada 200 lebih pelajar MIN Malang. Tetapi kalau imunisasinya lengkap dan berkelanjutan, tentunya sudah memiliki kekebalan," beber Supranoto berbincang dengan detikcom melalui sambungan telpon, Sabtu (26/10/2019).

Pergantian musim yang tengah terjadi, lanjut dia, memiliki potensi tinggi masuknya bakteri pembawa difteri masuk ke dalam tubuh seseorang. Hidup bersih merupakan langkah terbaik, agar tidak mudah tertular atau masuknya bakteri dalam tubuh.

"Ini juga musim pancaroba, angin berhembus tidak biasanya. Sangat memudahkan masuknya bakteri dan penularannya. Langkah cepat dengan pengobatan, akan dapat membunuh kuman yang masuk dalam tubuh," bebernya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com