detikNews
2019/10/26 10:48:14 WIB

Warga Blitar Sulap Akar Kayu Jadi Ukiran Bernilai Jual Tinggi

Erliana Riady - detikNews
Halaman 1 dari 2
Warga Blitar Sulap Akar Kayu Jadi Ukiran Bernilai Jual Tinggi Akar kayu disulap jadi barang bernilai tinggi/Foto: Erliana Riady
Blitar - Akar kayu biasanya hanya berakhir di tungku perapian. Namun di tangan warga Blitar, akar kayu ini disulap menjadi karya ukir yang bernilai tinggi.

Darah seni Angga Setiawan mampu mengubah akar kayu menjadi pahatan patung yang indah. Tangan lulusan SMK jurusan design produksi kriya kayu ini, menari indah saat memahat di permukaan akar jati yang sedang digarapnya.

Warga Desa Sumberingin Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, ini bekerja sangat cepat. Dia hanya butuh waktu sekitar satu pekan untuk menyelesaikan satu patung setinggi 60 cm dengan diameter 1 meter.


"Saya memilih akar kayu jati karena tekstur kayu mudah dipahat, awet dan kualitas kayu yang bagus mendukung kualitas hasil akhir pahatan juga," kata Angga pada detikcom di rumahnya, Sabtu (26/10/2019).

Angga mulai melirik akar sebagai media pahatan, ketika ekspresinya memahat mentok di media satu dimensi. Saat itu, dia masih duduk di kelas 2 SMP dan bekerja di home industry handycraft hiasan dinding berbahan kayu.

"Saat itu memahat relief saja. Terus saya pengen coba di media yang lebih menantang. Saya lihat, dari tekstur akar kayu ini kok menarik untuk dipahat. Akhirnya saya putuskan memperdalam ilmu pahat di SMK itu," ungkapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com