Gus Solah Hormati Jokowi Pilih Fachrul Razi Jadi Menag, Tapi...

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 19:13 WIB
Gus Solah/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah menghormati keputusan Presiden Jokowi mengangkat Jendral (Purn) Fachrul Razi menjadi Menteri Agama (Menag). Namun ia menyarankan Jokowi juga mengangkat Wakil Menag agar kinerja kementerian tersebut lebih maksimal.

Gus Solah berpendapat, Fachrul Razi dipilih menjadi Menag dalam Kabinet Indonesia Maju untuk melawan radikalisme di tanah air. Namun menurutnya, tugas Kemenag tidak hanya soal radikalisme.


Persoalan pendidikan, kata Gus Solah, juga menjadi salah satu tugas utama Kemenag. Peningkatan kualitas pendidikan madrasah harus dilakukan pemerintahan saat ini.

"Nah, untuk mengatasi itu diperlukan wakil menteri. Karena Menteri ini kan ga banyak paham masalah pendidikan, masalah agama. Itu ditutup dengan wakil menteri. Nah memilih wakil menteri ini yang tidak mudah," kata cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari ini kepada wartawan di PP Tebuireng, Kamis (24/10/2019).

Gus Solah juga menyampaikan kriteria wakil menteri yang tepat mendampingi Fachrul Razi di Kemenag. Menurutnya, Wakil Menag harus orang yang benar-benar menguasai pendidikan. Dia berpendapat sosok Wakil Menag tidak harus dari NU.
Selanjutnya
Halaman
1 2