detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 15:33 WIB

Kebakaran 8 Hektare Hutan Pinus di Trenggalek Dipastikan Padam

Adhar Muttaqin - detikNews
Kebakaran 8 Hektare Hutan Pinus di Trenggalek Dipastikan Padam Foto: Istimewa
Trenggalek - Kebakaran 8 hektare hutan pinus di Gunung Andong, Kecamatan Kampak Trenggalek dipastikan telah padam. Petugas gabungan melakukan penyisiran di sejumlah lokasi kebakaran.

"Tadi pagi kami (perhutani) bersama BPBD, TNI, polisi sudah naik untuk memastikan kondisinya, saat ini semua sudah padam. Saat kami naik ada beberapa spot yang masih panas, tapi kalau api sudah tidak ada," kata KSKPH Perhutani Kediri Selatan, Andy Iswindarto, Rabu (23/10/2019).


Selain memantau kondisi, pihaknya juga melakukan penyemprotan air pada batang-batang pinus yang terbakar, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran susulan.

Andy menambahkan, kebakaran yang terjadi sehari semalam merusak 8 hektare tanaman pinus produktif. Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai lebih dari Rp 30 juta.


Sedangkan terkait penyebab kebakaran diduga dipicu oleh aktivitas warga yang melakukan pembakaran di sekitar kawasan hutan, akibatnya api merembet dan membakar 8 hektare tanaman pinus.




Tonton juga video Medan Terjal, Petugas Sulit Padamkan Kebakaran Hutan di Trenggalek:

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com