detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 12:59 WIB

Keren, Pengendara Tertib Lalin di Sidoarjo Bisa Dapat Sepeda Motor

Suparno - detikNews
Keren, Pengendara Tertib Lalin di Sidoarjo Bisa Dapat Sepeda Motor Saat petugas memberikan helm dalam Operasi Zebra Semeru 2019 di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Saat Operasi Zebra Semeru 2019 digelar, banyak pengguna jalan di Sidoarjo yang merasa takut. Padahal dalam operasi tersebut, para pengendara yang tertib berlalu lintas berkesempatan mendapatkan hadiah sepeda motor.

Operasi Zebra Semeru 2019 yang digelar Satlantas Polresta Sidoarjo dimulai hari ini hingga 5 November mendatang. Dalam operasi tersebut, petugas menyediakan banyak hadiah.

Saat operasi digelar, para pengguna jalan yang tertib akan mendapatkan kupon. Kemudian kupon tersebut akan diundi pada 10 November nanti.


Menurut Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, dalam Operasi Zebra Semeru kali ini akan dilakukan penindakan bagi pengendara yang melanggar lalu lintas. Pelanggaran tersebut di antaranya tidak memakai helm, over speed, anak di bawah umur dan mengonsumsi miras saat berkendara. Kemudian menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, serta surat kendaraan tidak lengkap.

"Bagi pengendara yang melanggar aturan tersebut jelas akan ditilang sesuai pelanggaran. Sementara itu bagi pengendara yang tertib akan diberikan hadiah sepeda motor," kata Zain usai gelar pasukan operasi Zebra Semeru di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (23/10/2019).

Zain membenarkan, pengendara yang tertib saat dirazia akan diberikan kupon. Kemudian kupon tersebut akan diundi dengan hadiah utama sepeda motor. Selain itu masih banyak lagi hadiah hiburan lainnya.

"Kami telah menyediakan banyak hadiah selain hadiah utama. Yakni sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, dan puluhan kipas angin," imbuhnya.

Sementara itu di lokasi Operasi Zebra Semeru, sebelah utara Alun-alun Sidoarjo, Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar mengatakan, banyak pengendara yang mendapatkan kupon. Mereka tertib saat mengendarai sepeda motornya. Nanum di sisi lain masih ada masyarakat yang ditilang lantaran tidak tertib.


"Kami menyediakan kupon sebanyak 20 ribu. Selain mendapatkan kupon berhadiah. Bagi pengendara yang memboncengkan anaknya tidak memakai helm, kami berikan helm. Untuk memberikan edukasi, untuk menjaga keselamatan dalam berlalu lintas," ujar Fahrian.

Saiful (28) merupakan salah seorang pengendara yang tertib dan mendapatkan kupon. Ia mengapresiasi operasi yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Sidoarjo. Menurutnya kegiatan itu mendidik agar masyarakat tertib berlalu lintas.

"Sangat senang Mas, semoga hadiah sepeda motor mau saya ajak pulang. Selain itu pemberian hadiah semacam ini baru pertama kali saya jumpai," kata Saiful.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com