detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 11:59 WIB

Polisi di Gresik Diwejang 'Presiden dan Wapres' Sebelum Operasi Zebra Semeru

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Polisi di Gresik Diwejang Presiden dan Wapres Sebelum Operasi Zebra Semeru Saat petugas lantas diwejang 'Wapres Ma'ruf Amin'sebelum melakukan Operasi Zebra (Foto: Imam Wahyudiyanta)
Gresik - Operasi Zebra Semeru resmi digelar sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019. Di Gresik, sebelum melakukan Operasi Zebra Semeru, para polisi diberi wejangan oleh 'Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin'.

"Operasi Zebra ini tujuannya agar masyarakat memiliki peningkatan keamanan dalam berlalu lintas dan meminimalisir kecelakaan serta fatalitasnya," ujar Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo kepada wartawan usai apel gelar pasukan Operasi Zebra Semeru di Satpas Polres Gresik, Rabu (23/10/2019).

Kusworo mengatakan sifat dari Operasi Zebra ini adalah mengedepankan penegakan hukum yang artinya berlaku tilang kepada pelanggarnya. Sementara sasaran dari Operasi Zebra di antaranya adalah helm tak SNI, tidak mengenakan sabuk pengaman, pengendara anak di bawah umur, penggunaan HP saat berkendara, dan lain sebagainya.


Namun sebelum memulai Operasi Zebra, Kusworo mewajibkan anggota untuk melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan dan kelengkapan penegakan hukum. Hal itu perlu karena polisi tidak hanya sebagai pengawas berlalu lintas, tetapi polisi sendiri juga harus tertib.

Untuk mengawasi penertiban anggotanya sebelum melakukan Operasi Zebra, Kusworo menghadirkan 'Presiden dan Wakil Presiden'. Pejabat negara duplikat itu memberi wejangan kepada para polisi yang bertugas.


Dalam wejangannya, 'presiden dan wakil presiden' meminta agar polisi yang bertugas melengkapi diri dengan surat, dokumen, dan perlengkapan. Agar berlaku ramah dan juga bertindak lebih humanis dengan masyarakat.

"Kami malu jika tidak tertib karena sudah dalam pengawasan presiden dan wakil presiden. Kami ingin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam hal menciptakan keamanan dan kelancaran lalu lintas," tandas Kusworo.
(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com