detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 10:59 WIB

Water Bombing Dilakukan untuk Padamkan Kebakaran Gunung Welirang

Muhajir Arifin - detikNews
Water Bombing Dilakukan untuk Padamkan Kebakaran Gunung Welirang Water bombing di Gunung Welirang/Foto: Istimewa
Pasuruan - Kebakaran masih terjadi di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Upaya pemadaman lewat udara atau water bombing terus dilakukan.

Saat ini kebakaran terjadi di Gunung Welirang. Yang masuk wilayah Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

"Cukup besar kebakarannya ya yang di Lumbangrejo. Petugas melakukan water bombing di sana," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana, Rabu (23/10/2019).


Kebakaran di Gunung Welirang terjadi sejak Selasa (22/10) pagi. Hingga saat ini, api masih berkobar membakar pohon keras, semak dan rumput.

"Sudah 3 kali ditembak water bombing. Pagi ini sudah dua kali," kata Subandi, petugas Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pasuruan.

Water bombing dilakukan dengan mengambil air di Kali Porong. Water bombing tak maksimal karena kendala cuaca.

Berdasarkan data yang didapat pada Kamis (17/10), akibat kebakaran di sejumlah lokasi di kawasan Tahura R Soerjo sejak Jumat (11/10), 668 hektare lahan Blok Gunung Ringgit Kelurahan Ledug dan Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan habis terbakar.


Sedangkan di Gunung Arjuno yang di Curah Sriti dan Blok Putuk Lembu Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang seluas 175 hektare.

Data ini terus berubah. Diperkirakan sudah ribuan hektare lahan yang habis terbakar.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com