detikNews
2019/10/22 16:50:30 WIB

Pemprov Sumut Belajar Pengelolaan Tambang Emas di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov Sumut Belajar Pengelolaan Tambang Emas di Banyuwangi Penanaman pohon di perusahaan tambang emas, Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Wakil Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah datang ke Banyuwangi untuk belajar pengelolaan tambang emas. Ia datang bersama tiga kepala daerah di wilayahnya.

Musa mengunjungi PT Bumi Suksesindo (BSI), operator tambang emas Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Musa mengajak Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Bupati Labuhan Batu Utara Kharuddin Syah Sitorus dan Wakil Bupati Karo, Cory Sriwati Sebayang serta Sekretaris Daerah Langkat, Indra Salahuddin. Rombongan disambut Adi Adriansyah Sjoekri, Presiden Direktur PT BSI.


Rombongan kemudian melakukan penanaman pohon dan dilanjutkan dengan mining tour. Mereka melihat langsung lokasi penambangan dan pembuatan bulion hasil dari mineral tambang.

"Kita datang ke sini untuk melihat langsung pengelolaan tambang emas oleh PT BSI. Kita dengar dan kita tahu masyarakat di sini memiliki hubungan baik dengan tambang emas. Masyarakat teredukasi dengan baik melalui program-program yang dilakukan oleh operator tambang di sini," ujar Musa kepada detikcom, Selasa (22/10/2019).

"Kami ingin belajar pengelolaan potensi daerah, program CSR tambang emas. Kita sempat melihat UMKM berkembang pesat di sini. Sempat kita kunjungi juga beberapa produk olahan seperti dodol buah naga, manisan tomat dan masih banyak lagi. Adanya tambang di sekitar sini memiliki manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," tambahnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com