detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 12:39 WIB

Bupati hingga Ulama Apresiasi Kinerja TNI Polri Amankan Pelantikan Presiden

Suparno, Eko Sudjarwo, Sugeng Haryanto - detikNews
Bupati hingga Ulama Apresiasi Kinerja TNI Polri Amankan Pelantikan Presiden ketua PCNU kota Madiun KH Agus Mushofa. (Foto: Istimewa)
Sidoarjo, Lamongan, Madiun - Ulama di Kota Madiun mengapresiasi kerja keras Polri TNI. Terjaganya kondusifitas pelaksanaan kegiatan hingga ke daerah membuat simpati para ulama atas kinerja TNI dan Polri.

"Kami mengucapkan rasa syukur, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aparat keamanan TNI dan Polri yang telah sukses mengamankan pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden RI," ucap ketua PCNU kota Madiun KH Agus Mushofa, Selasa (22/10/2019).

Seiring telah selesainya proses demokrasi mulai pemilu hingga pelantikan presiden, kata Gus Shofa, ulama kota Madiun juga mengajak masyarakat untuk kembali bersatu untuk kemajuan bangsa. Ulama, lanjut Gus Shofa juga mengajak para santri dan warga untuk mendukung dan mengawal pemerintahan Jokowi.

"Kita semua patut untuk bersyukur karena pelantikan presiden dan wakil Presiden bapak Joko Widodo dan KH Ma'aruf Amin berjalan aman lancar dan kondusif," tandasnya.

Bupati hingga Ulama Apresiasi Kinerja TNI Polri Amankan Pelantikan Presiden Ketua MUI Sidoarjo KH M Salim Imron (Foto: Suparno)

Semua tahapan Pemilu 2019 telah rampung yang ditutup dengan pelantikan presiden-wakil presiden pada Minggu (20/10). Semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif. Di balik kelancaran tersebut, ada kerja keras jajaran TNI dan Polri dalam mengamankan dan menjaga keutuhan NKRI. Apresiasi atas kinerja TNI-Polri diungkapkan Ketua MUI Kabupaten Sidoarjo KH M Salim Imron.

"Mulai dari Pemilu 2019 sampai sekarang, situasi Negara kita adem ayem dan aman saja. Jika ada gejolak itu pun dengan cepat diredam oleh TNI dan Polri kita. Alhamdulillah semuanya aman, seperti halnya situasi yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo ini," kata M Salim, Selasa (22/10/2019).

Oleh karenanya, Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam Tanggulangin Sidoarjo itu berterima kasih kepada TNI-Polri. Tak lupa ia mengajak semua masyarakat untuk menyudahi perselisihan dan menguatkan persatuan.

Bupati hingga Ulama Apresiasi Kinerja TNI Polri Amankan Pelantikan Presiden Foto: Eko Sudjarwo

Di Lamongan, ucapan senada disampaikan tokoh agama dan Bupati Lamongan. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lamongan KH Masnur Arif mengapresiasi masyarakat Lamongan yang bijak dalam menyikapi perbedaan.

Hal itu, kata Masnur, terbukti, saat pelantikan presiden dan wakil presiden, wilayah Lamongan tetap damai dan aman, yang tentu saja berkat kerja sama masyarakat dengan TNI dan Polri.

"Kami menilai secara umum pesta demokrasi di Lamongan mulai awal hingga akhir berjalan dengan lancar, bahkan tidak ada gejolak yang berarti. Hal ini tak lepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat serta dukungan penuh dari aparat TNI dan Polri dalam mengawal pemilu," kata KH Masnur Arif kepada wartawan.

Hal yang sama disampaikan oleh Bupati Lamongan Fadeli. Fadeli menyampaikan proses panjang pesta demokrasi telah berakhir dengan telah digelarnya pelantikan presiden dan wakil presiden pada hari Minggu lalu.

"Alhamdulillah semua bisa berjalan aman dan kondusif, terutama di wilayah Lamongan. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota TNI dan Polri atas kinerjanya yang telah sukses mengawal seluruh rangkaian Pemilu 2019," ujarnya.




Simak juga video Prabowo Siap Bantu Pemerintah, PDIP: Kita Ingin Bangun Bangsa Bersama-sama:

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com