detikNews
2019/10/21 17:53:11 WIB

Sejumlah Titik Api di Gunung Wilis Sisi Utara Sudah Padam

Andhika Dwi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sejumlah Titik Api di Gunung Wilis Sisi Utara Sudah Padam Kebakaran di Gunung Wilis/Foto: Istimewa
Kediri - Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha menyampaikan adanya kesalahan dalam penyampaian luas lahan kebakaran hutan Gunung Wilis. Luas lahan yang terbakar hanya 3,25 hektare, namun sebelumnya disampaikan anggota di lapangan 325 hektare.

Menurutnya kesalahan penyampaian data tersebut karena keterbatasan sinyal dan alat komunikasi di TKP. Kini, luas lahan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 10 hektare. Meluasnya titik kebakaran lantaran kencannya embusan angin dan lokasi kebakaran yang sulit dijangkau untuk dipadamkan.


"Yang benar kemarin 3,25 hektare Mas, karena keterbatasan sinyal dan alat komunikasi kita sempat miss. Namun kini luasan sekitar 10 hektare itu disebabkan karena kebakaran hutan cukup dinamis. Karena angin dan lokasi api cukup sulit dicapai petugas," kata Randy. Senin, (21/10/2019).

Kemudian Perwira Pembina Kepolisian KPH Kediri Kompol Gigih Suasana menyampaikan, upaya pemadaman kebakaran mulai membuahkan hasil. Sejumlah titik api berhasil dipadamkan. Seperti titik api yang berada di bagian sebelah utara Gunung Wilis.

Namun titik api yang berada di sebelah selatan dan barat masih sulit dipadamkan. Sebab lokasinya terbilang curam dan terjal.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com