detikNews
2019/10/21 15:45:57 WIB

Antisipasi Api Liar, Pemilik Warung di Kawah Ijen Siaga 24 Jam

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Antisipasi Api Liar, Pemilik Warung di Kawah Ijen Siaga 24 Jam Salah satu bangunan yang terbakar (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Kawasan Paltuding TWA Kawah Ijen luluh lantak imbas dari kebakaran hutan dan badai yang menerpa sejak dua hari lalu. Bangunan warung, gudang belerang penambang hingga penunjuk arah hancur.

Meski kebakaran di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen sebagian sudah padam, namun puluhan pemilik warung masih merasa was-was. Sebab, percikan api masih sering muncul dan dikhawatirkan menyambar warung mereka.

"Api kemana-mana kemarin itu. Warung di timbangan belerang depan Rest Area Gunung Ranti ada yang terbakar," kata Nanang, salah satu pemilik warung di Kawasan Paltuding TWA Kawah Ijen, Senin (21/10/2019).


Mengantisipasi terjadinya peristiwa serupa, Nanang bersama puluhan pemilik warung lainnya memilih untuk siaga 24 jam. Menurutnya selama 15 tahun mencari nafkah di area Paltuding TWA Kawah Ijen, baru kali ini kejadian bencana kebakaran dahsyat terjadi.

"Baru kali ini bencana kebakaran seperti ini selama 15 tahun disini. Alhamdulillah masih selamat di sini. Tapi ya gitu, harus berjaga. Khawatir api muncul lagi dan merambat ke warung," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com