Angin Masih Kencang, 1.270 Warga Batu Masih Bertahan di Pengungsian

Angin Masih Kencang, 1.270 Warga Batu Masih Bertahan di Pengungsian

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 21 Okt 2019 11:23 WIB
Warga berada di pengungsian (Foto: Muhammad Aminudin)
Warga berada di pengungsian (Foto: Muhammad Aminudin)
Batu - Ribuan warga Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, masih bertahan di lokasi pengungsian. Angin masih berhembus kencang di wilayah desa mereka. Ada tujuh titik pengungsian yang menampung sebanyak 1.270 warga.

"Alasan evakuasi warga, karena angin kencang dan membawa debu. Tentunya sangat tidak memungkinkan warga aman beraktivitas," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Menurut Rochim, kecepatan angin sempat menurun pagi tadi. Tetapi menjelang pukul 9 pagi, angin kembali berhembus kencang di wilayah Desa Sumberbrantas.

"Pagi sempat turun, sekarang kembali lagi angin berhembus kencang dan wilayah Sumberbrantas penuh dengan debu," tegasnya.


Suma'i (42), warga Dusun Lemahputih, Desa Sumberbrantas, mengaku jika wilayah tempat tinggalnya belum memungkinkan untuk ditempati lagi.

"Pagi saya kesana, anginnya masih kencang dan berdebu. Makanya saya balik ke sini (Balai Desa Punten)," ujarnya saat ditemui di Kantor Desa Punten.

Dia mengatakan, angin kencang terjadi sejak Sabtu (19/10/2019), malam. Hembusan angin semakin parah terjadi pada esok harinya. "Karena banyak debu, kami memilih untuk mengungsi," ujarnya.

Ditambahkan Suma'i, bangunan rumah yang rusak mayoritas karena berbahan baku kayu atau semi permanen. Kerusakan tidak terjadi pada bangunan yang menggunakan bahan batu bata penuh.

"Yang semi permanen banyak rusak, karena angin," imbuhnya.


Pantauan detikcom, para pengungsi terlihat banyak berada di tenda-tenda pengungsian yang didirikan di Posko PB BPBD Kota Batu Jalan Raya Selecta.

Hal itu, juga terlihat di Kantor Desa Punten yang berjarak sekitar 100 meter arah utara dari Posko PB BPBD Kota Batu. Di sini warga yang mengungsi ditampung di aula kantor desa.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama jajarannya terlihat sibuk membantu menyiapkan kasur atau matras untuk para pengungsi. Bersamaan Kapolres Batu AKBP Harviadi Agung Pratama dibantu jajarannya mendistribusikan bantuan dari Kapolda Jawa Timur untuk para pengungsi.

Data terakhir BPBD Kota Batu hingga pukul 02.30 WIB, jumlah pengungsi telah mencapai 1.270 orang.

Mereka dievakuasi ke sejumlah titik pengungsian, yakni :

1. Posko PB BPBD Kota Batu : 379 orang
2. Rumas Dinas Walikota : 122 orang
3.Balai Desa Punten : 530 orang
4. Balai Desa Tulungrejo : 40 orang
5. SDN 1 Punten : 173 orang
6. Balai Desa Sidomulyo : 7 orang
7. Kantor Desa Songgokerto : 19 orang



Angin Kencang Melanda Batu, Satu Orang Tewas:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/iwd)