Bencana Angin Kencang di Batu, Satu Orang Meninggal 1.216 Jiwa Mengungsi

Bencana Angin Kencang di Batu, Satu Orang Meninggal 1.216 Jiwa Mengungsi

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 20 Okt 2019 23:21 WIB
Warga terdampak angin kencang di pengungsian (Foto: Istimewa)
Warga terdampak angin kencang di pengungsian (Foto: Istimewa)
Malang - Satu warga dilaporkan meninggal dunia akibat bencana angin kencang di Kota Batu. Beberapa orang lain mengalami luka. Ratusan jiwa terpaksa mengungsi di sejumlah tempat, salah satunya rumah dinas Wali Kota Batu.

"Satu orang meninggal dunia dan beberapa orang mengalami luka-luka dan lainnya gangguan saluran pernafasan," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim kepada wartawan, Minggu (20/10/2019).

Dikatakan Rochim, ratusan jiwa yang mengungsi mayoritas adalah warga Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji yang menjadi wilayah terparah terdampak bencana angin kencang.


Para pengungsi dievakuasi ke sejumlah tempat, diantaranya Balai Desa Punten dan Tulungrejo, Posko BPBD, rumah dinas Wali Kota Batu.

"Karena kondisi Desa Sumberbrantas lumpuh total. Aliran listrik padam, begitu juga jaringan komunikasi," terangnya.

Dia menambahkan, demi pertimbangan keamanan dan keselamatan, jalur lalu lintas Kota Batu-Kabupaten Mojokerto via Cangar ditutup.

"Tim gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol diterjunkan untuk mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan warga," imbuhnya.


Sementara untuk identitas korban meninggal diduga adalah Sodiq warga Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, karena tertimpa pohon tumbang.

Data terakhir BPBD Kota Batu warga yang mengungsi di empat titik telah mencapai 1.216 orang. Lokasi pengungsian terbanyak adalah Posko BPBD yang berada di Jalan Raya Selecta, Punten, Kota Batu. Tenda darurat, dapur umum, posko kesehatan didirikan di lokasi pengungsian.

BMKG Karangploso Kabupaten Malang menyebut, angin kencang terjadi karena memasuki musim pancaroba. Masyarakat dihimbau selalu waspada, karena kecepatan angin berpotensi menimbulkan kerusakan.

Data terakhir BPBD Kota Batu warga yang mengungsi di 5 titik telah mencapai 1.216 jiwa. Dengan rincian titik pengungsian sebagai berikut :

1. Posko BPBD Kota Batu : 351 jiwa
2. Rumas Dinas Walikota : 122 jiwa
3. Balai Desa Punten : 530 jiwa
4. Balai Desa Tulungrejo : 40 jiwa
5. SDN 1 Punten : 173 jiwa (iwd/iwd)