detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 21:49 WIB

325 Hektare Lereng Gunung Wilis Terbakar, Petugas Terus Berupaya Padamkan

Andhika Dwi Saputra - detikNews
325 Hektare Lereng Gunung Wilis Terbakar, Petugas Terus Berupaya Padamkan Api terlihat menyala di lereng Gunung Wilis (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri - Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Wilis yang berada di Desa Kanyoran Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Kebakaran tersebut terjadi di petak 145 dan petak 144 wilayah hutan lindung.

Menurut keterangan Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha, hingga malam ini api masih belum padam dan sukar untuk dipadamkan karena lokasi dan kondisi angin yang cukup kencang.

Anggota Perhutani Kediri, khususnya Polisi Hutan telah berada di lokasi kebakaran sebanyak 20 personil dan melakukan upaya pemadaman dan pemantauan lokasi.

Laporan kebakaran tersebut diperkirakan sejak Jumat (18/10) dan sempat padam. Namun kemudian terbakar lagi hingga saat ini. Adapun laporan kebakaran tersebut diperoleh dari Paryani, Jogo Tirto Desa Kanyoran, Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.


"Jadi kejadian kebakaran diperkirakan sejak Hari Jumat lalu, namun sempat padam, lalu terbakar lagi. 20 personel Polhut berada di lokasi dan memantau kebakaran hutan tersebut, BPBD juga siap siaga membantu jika dibutuhkan," ucap Randy. Minggu, (20/10/2019).

Randy menambahkan berdasar informasi yang ia terima dari petugas, hingga saat ini lahan yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 325 hektare, namun karena keterbatasan sinyal dan alat komunikasi karena lokasi, hingga saat ini sejumlah petugas bersiap siaga.

Tak hanya BPBD, Anggota Polres Kediri Kota juga telah memantau kebakaran hutan yang terjadi di wilayah hukumnya. Seperti yang diutarakan oleh Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana.


Anggota Polsek Semen melalui Bhabinkamtibmas terus melakukan pemantauan dan persiapan jika anggota Perhutani membutuhkan bantuan pemadaman.

"Kami juga telah memantau kondisi di lokasi kebakaran sejak sore tadi bersama Polhut, dan terus melakukan komunikasi dan koordinasi, mengingat lokasi yang cukup tinggi dan malam hari, intinya Polres Kediri Kota siap membantu bersama tim untuk upaya pemadaman," kata Miko.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com